Rabu, 13 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini di Global Turun Lagi, Boleh Diborong

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini di Global Turun Lagi, Boleh Diborong

Equityworld Futures | Harga logam mulai sedang kehilangan cuan usai kenaikannya terpangkas. Harga emas hari ini turun di tengah berita bahwa harga konsumen AS naik secara tak terduga pada bulan November.

Equityworld Futures | Harga Emas Stabil setelah Rilis Data Inflasi AS

Sementara para pedagang fokus pada pertemuan kebijakan bank sentral utama untuk mendapatkan petunjuk mengenai kebijakan moneter.

Melansir laman CNBC, Rabu (13/12/2023), harga emas di pasar spot stabil di posisi USD 1.978,68 per ounce, setelah naik sekitar 0,5% menjelang rilis data konsumen. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup sedikit berubah ke level USD 1.993,20.

Indeks harga konsumen (CPI) naik 3,1% pada bulan November secara tahunan, sejalan dengan ekspektasi para ekonom. CPI naik tipis 0,1% pada basis bulan ke bulan di bulan November.

“Data inflasi sesuai dengan ekspektasi, namun masyarakat benar-benar perlu melihat penurunan yang kuat untuk memperkuat penurunan suku bunga,” kata Phillip Streible, kepala strategi pasar Blue Line Futures di Chicago.

“Emas akan terjebak di antara USD 2.050 pada sisi positifnya dan USD 1.950 pada sisi negatifnya. Data ekonomi yang lemah dan ketegangan geopolitik dapat meningkatkan harga,” jelas dia.

Semua perhatian tertuju pada pertemuan kebijakan moneter dua hari The Fed yang akan berakhir pada hari Rabu dengan keputusan suku bunga dan rilis ringkasan proyeksi ekonominya.