Jumat, 08 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Perkasa Saat Dolar AS Melempem

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Perkasa Saat Dolar AS Melempem

Equityworld Futures | Harga logam mulia kembali menunjukkan kemilaunya seiring melemahnya Dolar Amerika Serikat (AS) menjelang rilis data non-farm payrolls AS.

Equityworld Futures | Harga Emas Terus Naik, Bisa Terbang Lagi Karena Pemilu AS

Para pedagang mengharapkan tanda-tanda pasar tenaga kerja yang lebih lemah untuk meningkatkan peluang penurunan suku bunga oleh Federal Reserve pada awal bulan Maret.

Harga emas hari ini di pasar spot naik tipis 0,2% menjadi USD 2.029.92 per ounce. Emas berjangka AS ditutup 0,1% lebih rendah ke posisi USD 2.046,40.

“Pasar sudah menentukan ekspektasi suku bunga,” kata Chris Gaffney, Presiden Pasar Dunia di EverBank, seraya menambahkan bahwa satu-satunya risiko terhadap harga logam tahun depan adalah jika “The Fed harus mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama. ”

Pada hari Senin pekan ini, harga emas batangan mencapai titik tertinggi sepanjang masa di level USD 2.135,40 karena meningkatnya spekulasi akan pemotongan suku bunga oleh The Fed. Sebelum turun lebih dari USD 100 karena ketidakpastian mengenai waktu pemotongan tersebut.

"Para pedagang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 62% pada bulan Maret tahun depan," menurut FedWatch Tool dari CME.

Namun jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa suku bunga tidak berubah hingga setidaknya bulan Juli. Suku bunga yang lebih rendah cenderung mendukung emas batangan yang tidak berbunga.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun mendekati posisi terendah dalam tiga bulan, sementara dolar AS turun 0,6%, membuat harga emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.