Jumat, 29 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Turun Lagi Usai Gapai Level Tertinggi 3 Pekan

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Turun Lagi Usai Gapai Level Tertinggi 3 Pekan

Equityworld Futures | Harga logam mulia melemah setelah mencapai level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu sebelumnya. Harga emas hari ini dipengaruhi kenaikan dolar AS dan imbal hasil treasury yang melemahkan dukungan dari ekspektasi penurunan suku bunga oleh Federal Reserve pada awal tahun depan.

Equityworld Futures | Harga Emas Melemah Setelah Mencapai Level Tertinggi 3 Minggu pada Kamis (28/12)

Harga emas susut 0,5% menjadi USD 2.066,86 per ounce, setelah naik ke posisi USD 2.088,29 sebelumnya, terbesar sejak 4 Desember, ketika emas batangan mencapai puncak sepanjang masa. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,8% menjadi USD 2.077,2.

“Saat ini tidak banyak volume perdagangan di pasar mana pun sehingga biasanya menyebabkan pergerakan yang lebih kecil, terutama ketika kita mendekati angka besar seperti titik tertinggi sepanjang masa,” kata Chris Gaffney, Presiden Pasar dunia di EverBank melansir CNBC, Jumat (29/12/2023).

“Alasan harga kembali mendekati cakrawala dan kembali menguat menjelang akhir tahun adalah karena ekspektasi suku bunga dan melemahnya dolar,” lanjut dia.

Indeks dolar naik 0,2% setelah mencapai level terendah lima bulan. Imbal hasil obligasi tenor 10 tahun juga naik, turun dari level terendah sejak bulan Juli.

Klaim pengangguran AS naik minggu lalu, mengindikasikan pasar tenaga kerja terus melemah pada kuartal keempat tahun ini.

Investor bertaruh pada peluang 88% dari penurunan suku bunga The Fed pada bulan Maret, menurut CME FedWatch.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Kami memperkirakan harga emas akan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan, dengan data ekonomi yang lebih lemah dan inflasi yang lebih rendah di AS yang memaksa The Fed untuk menurunkan suku bunganya,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.