Senin, 28 Agustus 2023

Equityworld Futures | Analis Terbelah Soal Harga Emas Dunia, Penguatan Pekan Kemarin Terlalu Tinggi

Equityworld Futures | Analis Terbelah Soal Harga Emas Dunia, Penguatan Pekan Kemarin Terlalu Tinggi

Equityworld Futures | Harga emas dunia mengalami tren penguatan sepanjang pekan lalu. Harga emas dunia mampu naik lebih dari 1% karena Gubernur Bank Sentral AS atau The Fed Jerome Powell Pada Jumat lalu mengatakan bahwa Federal Reserve akan mempertahankan target inflasi 2% dan tidak ingin menurunkan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

Equityworld Futures | Analis Terbelah Soal Harga Emas Dunia, Penguatan Pekan Kemarin Terlalu Tinggi

Survei mingguan yang dijalankan oleh KitcoNews menunjukkan bahwa sebagian besar investor ritel komoditas emas memperkirakan bahwa harga emas akan melanjutkan kenaikan pada pekan ini. Namun berbeda, para analis di Wall Street cukup berhati-hati dalam memprediksi harga emas dan terbelah.

Presiden Adrian Day Asset Management Adrian Day meramal, harga emas dunia telah mengalami penguatan pada pekan kemarin dan kemungkinan besar pada pekan ini akan bergerak sebaliknya.

“Para investor emas kemungkinan besar kecewa dengan pidato Jerome Powell, serta pidato para gubernur bank sentral lainnya, dan akan mengembalikan keuntungan yang diperoleh minggu lalu. Sangat lelah." kata dia dikutip dari Kitco, Senin (27/8/2023).

Day melanjutkan, kekecewaan para investor ini memang tidak akan berlangsung lama, “saat kita semakin dekat dengan resesi AS dan jeda yang dilakukan The Fed,” kata dia.

Di sisi lain, analis senior Forex.com James Stanley, melihat bahwa harga logam mulia melanjutkan kenaikannya minggu ini.

“Emas secara mengejutkan menguat bahkan dengan penguatan dolar AS, dan penyebabnya adalah pelemahan Euro," kata Stanley.

“Kekuatan Dolar AS sangat mencengangkan mengingat respons terhadap uji dukungan, namun emas terus menguat bahkan dalam kondisi seperti itu.” tambah dia.

Stanley mengatakan gambaran teknikal terlihat lebih bullish untuk harga emas.

“Minggu lalu emas spot keluar dari kejatuhannya dan sejauh ini berada pada level yang lebih tinggi. Saya memiliki area resistance di level USD 1.925-USD 1.932 dan bergantung pada bagaimana pembeli bereaksi di sana, kita mungkin memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak," kata dia.