Senin, 14 Agustus 2023

Equity World Futures | Meneropong Harga Emas Minggu Ini, Beli atau Jual?

Equity World Futures | Meneropong Harga Emas Minggu Ini, Beli atau Jual?

Equity World Futures | Pasar emas terjebak dalam posisi netral dan akan bertahan selama sisa musim panas karena data ekonomi AS terus mendukung bias pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve.

Equity World Futures | | Harga Emas Hari Ini (14/8) Turun, Rugi 12,48% Pembeli Sepekan Lalu

Namun, analis mengatakan bahwa pelemahan jangka pendek harga emas dapat dilihat sebagai peluang beli karena pasar menunggu pemicu baru untuk memicu reli yang lebih luas.

Sementara pasar emas cukup tangguh, dengan emas berjangka bulan Desember memegang support sekitar USD 1.950 per ons. Analis mengatakan bahwa logam mulia masih menghadapi lingkungan yang menantang, terutama karena imbal hasil obligasi jangka pendek terus menghasilkan sekitar 5%.

Pasar emas melihat minggu kedua kerugian tajam. Harga emas Desember terakhir diperdagangkan pada USD 1.946,50 per ons, turun 1,5% dari Jumat lalu.

"Emas memiliki banyak persaingan sebagai aset safe-haven karena gagasan soft landing dalam ekonomi AS tumbuh sebagai konsensus," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA seperti dikutip dari Kitco, Senin (14/8/2023).

Peluang Harga Emas

Ole Hansen, Kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, mengatakan dia juga melihat harga emas dunia berjuang karena biaya peluang untuk menahan logam mulia terus meningkat. Dia menambahkan bahwa investor frustrasi memegang emas karena mereka melikuidasi posisi mereka dan pindah ke pasar ekuitas.