Kamis, 29 Agustus 2019

Equityworld Futures | Harga Emas Antam Hari Ini Turun Seceng nih, Saatnya Beli?

Equityworld Futures | Harga Emas Antam Hari Ini Turun Seceng nih, Saatnya Beli?

Equityworld Futures | Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun tipis pada perdagangan Kamis ini (29/8/2019) setelah ketegangan perang dagang Amerika Serikat (AS)-China mereda kemarin.

Harga emas Antam turun Rp 1.000 (0,77%) menjadi Rp 723.000/gram, dari Rp 722.000/gram kemarin.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia milik Antam hari ini, harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram melemah menjadi Rp 72,3 juta dari harga kemarin Rp 72,2 juta per batang.


Turunnya harga emas Antam itu mengekor harga emas di pasar spot global yang turun kemarin.

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam secara mengejutkan justru berkebalikan dari harga jual dari Antam yang turun, dengan kenaikan Rp 1.000 hari ini menjadi Rp 699.000 per gram dari Rp 698.000 per gram kemarin.

Harga itu dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.

Terkait dengan harga emas di pasar spot global, kemarin harga logam mulia ini sudah mencapai US$ 1.538 per troy ounce, turun 0,23% dari US$ 1.542 per troy ounce pada hari sebelumnya.

Hari ini, harga emas di pasar spot berbalik naik sebesar 0,17% menjadi US$ 1.541 per troy ounce.

Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Equityworld Futures


Kekhawatiran Resesi Reda, Harga Emas Hari Ini Turun | Equityworld Futures



Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.

Naik-turunnya harga emas ukuran kecil itu biasanya mengindikasikan risiko pada hari kerja sebelumnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Penguatan harga emas Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam negeri.