Senin, 09 Juni 2014

Palladium Naik, Antarkan Emas Dekati Level 1 Pekan Tertingginya

Emas diperdagangkan mendekati level tertingginya dalam sepekan terakhir di London akibat para investor mengkaji penurunan dollar terhadap tanda-tanda pulihnya ekonomi yang akan mengurangi permintaan emas bullion. Sementara Palladium mencapai level 34 bulan tertingginya.

Tanggal 6 Juni lalu dollar mendekati level 2 pekan terendahnya terhadap euro, saat emas naik ke level 1 pekan tertingginya. Bulan lalu emas mengalami penurunan sebesar 3.2%, akibat tanda-tanda pulihnya ekonomi AS yang menyebabkan ekuitas berada pada rekornya.

Rilis data AS pekan ini diperkirakan akan menunjukkan penjualan ritel naik setelah laporan tanggal 6 Juni lalu menunjukkan bahwa tenaga kerja melampaui tertinggi sebelumnya. Tahun lalu bullion mengalami penurunan sebesar 28% terkait perkiraan bahwa Federal Reserve akan mengurangi pembelian obligasi. Bank sentral tersebut telah melakukan 4 kali pemangkasan sejak Januari lalu. Palladium naik 18% sepanjang tahun 2014 ini akibat aksi pemogokan pekerja tambang yang telah berlangsung sejak Januari lalu di Afrika Selatan, yang merupakan produsen palladium terbesar kedua di dunia.

Bullion untuk pengiriman segera naik 0.2% ke level $1,255.31 per ounce pukul 10:07 pagi waktu London, menurut harga dari Bloomberg. Bullion mencapai level $1,257.81 pada tanggal 6 Juni lalu, kenaikan 3 hari setelah turun ke level 4 bulan terendahnya sebesar $1,240.73. Emas untuk pengiriman bulan Agustus naik 0.2% ke level $1,255.40 di Comex, New York.
Sumber : Bloomberg