Senin, 05 Agustus 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Stabil di Tengah Kuatnya Spekulasi Penurunan Suku Bunga The Fed dan Konflik Timur Tengah

Equityworld Futures | Harga Emas Stabil di Tengah Kuatnya Spekulasi Penurunan Suku Bunga The Fed dan Konflik Timur Tengah

Equityworld Futures | Harga Emas (XAU/USD) pulih di atas $2.440 setelah turun ke dekat $2.410 pada sesi Eropa hari Senin. Logam mulia menghadapi tekanan jual karena aksi profit-taking dimulai saat mencoba merebut kembali tertinggi sepanjang masa di atas $2.480. Prospek keseluruhan harga Emas tetap kuat karena imbal hasil obligasi AS mencatatkan terendah baru tahunan.

Equityworld Futures | Ada Kekhawatiran Resesi, Bagaimana Prediksi Harga Emas Pekan Ini?

Imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun anjlok ke 3,67% karena spekulasi penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) pada bulan September tampaknya pasti. Imbal hasil yang lebih rendah pada aset-aset berbunga mengurangi opportunity cost dari memegang investasi pada aset-aset yang tidak memberikan imbal hasil, seperti Emas. Indeks Dolar AS (DXY), yang melacak nilai Greenback terhadap enam mata uang utama, anjlok ke terendah Maret dekat 102,60.

Menurut FedWatch tool dari CME, data Federal Funds futures 30-hari menunjukkan bahwa para pedagang melihat penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin (bp) pada bulan September sebagai sudah dekat. Data tersebut juga menunjukkan bahwa Fed diprakirakan akan menurunkan suku bunga pinjaman utamanya lebih dari 100 bp tahun ini.

Ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga yang lebih besar telah didorong oleh serangkaian data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lemah, yang mengarah ke perlambatan ekonomi dan menimbulkan keraguan apakah The Fed akan mencapai 'soft landing'. Soft landing adalah situasi di mana bank sentral mengendalikan inflasi tanpa memicu resesi dalam ekonomi.

Kondisi pasar tenaga kerja yang memburuk dan perlambatan tajam di sektor manufaktur merupakan pemicu utama yang meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga secara besar-besaran. Laporan Nonfarm Payrolls (NFP) bulan Juli menunjukkan bahwa permintaan tenaga kerja melambat secara signifikan, dan Tingkat Pengangguran secara tak terduga naik ke level tertinggi sejak November 2021.

Jumlah payrolls baru sebesar 114 ribu secara signifikan lebih rendah dari estimasi 175 ribu dan angka Juni 179 ribu. Tingkat Pengangguran melonjak ke 4,3% dibandingkan ekspektasi dan rilis sebelumnya 4,1%. Sementara itu, aktivitas di sektor manufaktur, yang diukur dengan Indeks Manajer Pembelian (IMP) Manufaktur ISM, kontraksi dengan laju yang lebih cepat ke 46,8 pada bulan Juli.

Harga Emas berfluktuasi dalam kisaran perdagangan Jumat. Logam mulia diperdagangkan dalam formasi saluran pada grafik harian, yang sedikit naik tetapi secara umum menunjukkan kinerja sideways selama lebih dari tiga bulan. Exponential Moving Average (EMA) 50-hari di dekat $2.370 terus menjadi support bagi pembeli Emas.

Relative Strength Index (RSI) 14-hari berfluktuasi dalam kisaran 40,00-60,00, mengindikasikan keraguan di antara para pelaku pasar.

Kenaikan baru akan muncul jika harga Emas menembus tertinggi sepanjang masa $2.483,75, yang akan membawanya ke wilayah yang belum dipetakan.

Untuk sisi bawah, garis tren menanjak di $2.225, yang diplot dari terendah 6 Oktober di dekat $1.810,50, akan menjadi support utama dalam jangka lebih panjang.

demo ewf  

Demo Equityworld