Jumat, 26 Juli 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Anjlok ke Titik Terendah

Equityworld Futures | Harga Emas Anjlok ke Titik Terendah

Equityworld Futures | Harga emas jatuh ke titik terendah dalam lebih dari dua minggu pada Kamis (25/7/2024). Hal itu akibat aksi profit taking setelah reli baru-baru ini. Sementara itu, traders menantikan data ekonomi AS yang dapat memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai waktu pemangkasan suku bunga The Fed.

Equityworld Futures | Harga Emas Ambruk 1% Lebih Karena Ada Aksi Jual Besar-Besaran

Melansir Reuters, Jumat (26/7/2024), harga emas spot jatuh 1,8% menjadi US$ 2.355,22 per ons pada pukul 17.44 GMT, setelah menyentuh titik terendah sejak 9 Juli. Sedangkan kontrak berjangka emas AS berakhir ambles 2,6% menjadi US$ 2.353,5.

"Ada aksi ambil untung yang terjadi, dipicu oleh kelemahan di pasar ekuitas AS yang lebih dari sekadar penjualan," kata analis Marex, Edward Meir.

Harga emas mencapai rekor tertinggi US$ 2.483,6 pada minggu lalu karena optimisme meningkat terhadap kemungkinan pemangkasan suku bunga The Fed pada September.

Mantan Presiden The Fed New York Bill Dudley mengatakan dalam kolom Bloomberg pada Rabu (24/7/2024) bahwa The Fed seharusnya memangkas suku bunga minggu depan, mengutip data ketenagakerjaan terbaru.

Pasar melihat kemungkinan 100% untuk pemangkasan suku bunga pada September. Daya tarik emas yang tidak memberikan hasil cenderung bersinar dalam lingkungan suku bunga rendah.

Kini, traders menantikan data pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) AS, indikator inflasi yang disukai oleh The Fed, yang akan dirilis pada Jumat (26/7/2024).

"Kami telah melihat kenaikan tajam di pasar emas dan perak belakangan ini, sehingga kombinasi likuidasi posisi panjang dan aksi profit taking dari reli baru-baru ini memperburuk tekanan jual," kata Direktur Investasi Alternatif dan Perdagangan High Ridge Futures, David Meger.

Sedangkan harga logam mulia lainnya, yaitu perak spot melemah 4,2% menjadi US$ 27,77 per ons, mencapai titik terendah dalam 11 minggu. Platinum turun 1,4% menjadi US$ 934,85, mendekati titik terendah alam tiga bulan. Sementara paladium terpangkas 2,8% menjadi US$ 907,08.

demo ewf  

Demo Equityworld