Rabu, 26 Juni 2024

Equityworld Futures | Sempat Berkilau, Harga Emas Dunia Tergelincir Gegara Penguatan Dolar

Equityworld Futures | Sempat Berkilau, Harga Emas Dunia Tergelincir Gegara Penguatan Dolar

Equityworld Futures
| Harga emas tergelincir pada perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), terpukul oleh kenaikan dolar dan imbal hasil Treasury karena investor menunggu data inflasi AS yang akan dirilis akhir pekan ini yang dapat memberikan isyarat mengenai waktu penurunan suku bunga oleh Federal Reserve tahun ini.

Equityworld Futures | Harga Emas Diramal Turun Efek Menguatnya Dolar

Melansir Yahoo Finance, Rabu, 26 Juni 2024, harga emas di pasar spot turun 0,6 persen menjadi USD2.318,82 per ons. Sedangkan emas berjangka AS ditutup 0,6 persen lebih rendah menjadi USD2.330,80.
 
Adapun, dolar menguat 0,2 persen terhadap para pesaingnya, sehingga membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara imbal hasil acuan 10-tahun juga naik tipis.
 
Dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF) yang didukung secara fisik secara global, merupakan kategori permintaan yang penting, mengalami arus masuk minggu lalu sebesar USD212 juta, atau 2,1 metrik ton, menurut Dewan Emas Dunia.
 
Emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil mencapai rekor tertinggi USD2.449,89 pada 20 Mei dan naik 12 persen sepanjang tahun ini, didukung oleh harapan penurunan suku bunga Fed dan pembelian yang kuat oleh bank sentral di tengah ketegangan geopolitik.

Menanti data ekonomi AS
 
Minggu ini, para pedagang menantikan perkiraan produk domestik bruto kuartal pertama AS yang akan dirilis pada Kamis dan laporan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) pada Jumat.
 
Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee memperkirakan inflasi akan lebih dingin sebagai bagian dari proses yang akan membuka pintu bagi penurunan suku bunga. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan.
 
Di tempat lain, perak spot turun 2,5 persen menjadi USD28,88 per ons, sementara platinum turun 1,4 persen menjadi USD980,86 dan paladium turun 4,1 persen menjadi USD939,45.

 

 

demo ewf Demo Equityworld