Jumat, 07 Juni 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Stabil setelah ECB Pangkas Suku Bunga

Equityworld Futures | Harga Emas Stabil setelah ECB Pangkas Suku Bunga

Equityworld Futures
| Pasar emas tidak melihat banyak reaksi di pasar mata uang global karena Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin secara keseluruhan.

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Cetak Rekor Termahal Sepanjang Sejarah!

Dalam langkah yang sangat dinantikan, ECB mengatakan suku bunga pada operasi refinancing utama, fasilitas pinjaman marjinal, dan fasilitas simpanan akan diturunkan masing-masing menjadi 4,25 persen, 4,50 persen, dan 3,75 persen, yang berlaku mulai 12 Juni 2024.
 
Melansir Kitco.com, Jumat, 7 Juni 2024, pasar emas hanya melihat sedikit momentum pembelian sebagai reaksi awal terhadap penurunan suku bunga. Harga emas spot terhadap euro terakhir diperdagangkan pada 2.168,44 euro per ons, naik 0,14 persen.  
 
ECB mencatat penurunan suku bunga terjadi karena inflasi telah turun lebih dari 2,5 poin persentase sejak September 2023, dan menambahkan prospek inflasi telah meningkat secara signifikan.

"Berdasarkan penilaian terkini terhadap prospek inflasi, dinamika inflasi yang mendasarinya, dan kekuatan transmisi kebijakan moneter, kini tepat untuk mengurangi tingkat pembatasan kebijakan moneter setelah sembilan bulan mempertahankan suku bunga stabil," kata ECB, dalam pernyataan kebijakan moneternya.

Tekanan inflasi mereda
 
Meskipun berkurangnya tekanan inflasi telah memungkinkan ECB untuk melonggarkan kebijakan moneternya, beberapa analis mengatakan pemotongan ini diperlukan karena perekonomian kawasan tersebut telah melemah sejak awal tahun.
 
Dalam wawancara baru-baru ini dengan Kitco News, Nitesh Shah, Kepala Penelitian di WisdomTree, mengatakan ECB sedikit terlambat dalam melakukan tindakan, yang dapat mengarah pada pelonggaran agresif karena mencoba mengejar ketertinggalan untuk mendukung aktivitas ekonomi.
 
Dalam proyeksi ekonomi terbarunya, ECB melihat ekonomi zona euro tumbuh 0,9 persen tahun ini, 1,4 persen pada 2025 mendatang, dan 1,6 persen pada 2026.
 
Pemotongan suku bunga juga terjadi karena ECB melihat inflasi terus meningkat. Inflasi umum diperkirakan meningkat 2,5 persen tahun ini, 2,2 persen pada 2025, dan 1,9 persen pada 2026.
 
"Proyeksi staf Eurosystem terbaru untuk inflasi utama dan inti telah direvisi naik untuk tahun 2024 dan 2025 dibandingkan dengan proyeksi Maret," kata bank sentral dalam pernyataannya.
 
ECB menjadi bank sentral kedua dari G7 yang memangkas suku bunga. Pada Rabu, Bank of Canada memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin dan mengisyaratkan penurunan suku bunga lebih lanjut pada tahun ini.