Jumat, 14 Juni 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Mengincar Kenaikan Mingguan Pertama dalam 4 Pekan di Jumat (14/6)

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Mengincar Kenaikan Mingguan Pertama dalam 4 Pekan di Jumat (14/6)

Equityworld Futures | Harga emas naik tipis dan berada di jalur untuk mencatatkan kenaikan mingguan pertama dalam empat pekan pada hari Jumat (14/6).

Equityworld Futures | Harga Emas Tergelincir Usai The Fed Tahan Suku Bunga

Seiring data ekonomi Amerika Serikat (AS) menunjukkan pelonggaran tekanan harga, memicu optimisme bahwa pemotongan suku bunga oleh The Fed mungkin akan segera dilakukan.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,2% menjadi US$2.306,89 per ons troi pada pukul 03.34 GMT. Bullion telah naik 0,5% sejauh ini untuk minggu ini.

Sementara itu, harga emas berjangka AS naik 0,2% menjadi US$2.322,00.

"Data yang mendukung pemotongan suku bunga dari The Fed selama beberapa hari terakhir, meskipun ada komunikasi yang membingungkan dari pertemuan The Fed, telah menyebabkan beberapa volatilitas di pasar emas," kata Kyle Rodda, analis pasar keuangan di Capital.com.

"Resep terbaik untuk emas adalah kelemahan inflasi yang terus berlanjut, maka daya tarik resesi emas akan mulai muncul sebagai sedikit perpanjangan dari ekspektasi potensi pemotongan suku bunga tahun ini."

Data pada hari Kamis (13/6) menunjukkan bahwa harga produsen AS secara tak terduga turun pada bulan Mei, indikasi lain bahwa inflasi mereda setelah melonjak di kuartal pertama.

Data tersebut diikuti oleh laporan CPI yang lebih rendah dari yang diharapkan yang dirilis tepat sebelum pertemuan The Fed pada hari Rabu (12/6).

Di mana bank sentral mempertahankan suku bunga dan menunda dimulainya pemotongan suku bunga hingga mungkin akhir Desember.

Data inflasi minggu ini bersama dengan data klaim pengangguran AS menunjukkan beberapa pelemahan dalam tekanan harga dan mengindikasikan pasar tenaga kerja kehilangan momentum, menjaga harapan pemotongan suku bunga The Fed pada bulan September tetap hidup.

Para pedagang saat ini melihat probabilitas 67% dari pemotongan suku bunga pada bulan September, menurut FedWatch Tool dari CME Group.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang bullion yang tidak memberikan hasil.

Dalam logam lainnya, harga perak spot naik 0,3% menjadi US$29,08 per ons troi, platinum naik 0,9% menjadi US$955,32, dan palladium naik 0,8% menjadi US$890,28. Ketiga logam tersebut menuju kerugian mingguan.

demo ewf  

Demo Equityworld