Senin, 26 Juni 2023

Equity World | Wall Street Tekan Pembukaan Pasar Asia-Pasifik Awal Pekan Ini (26/06)

Equity World | Wall Street Tekan Pembukaan Pasar Asia-Pasifik Awal Pekan Ini (26/06)

Equity World | Pasar Asia-Pasifik bersiap untuk pembukaan yang lemah di minggu terakhir bulan Juni, mengikuti pasar A.S. yang menghentikan kenaikan beruntun selama seminggu pada hari Jumat.

Selama akhir pekan, Eropa juga menyaksikan pemberontakan singkat oleh kelompok militer swasta Wagner di Rusia, dan akan menekan pasar Eropa.

Di Jepang, Nikkei 225 tampaknya melanjutkan penurunannya, dengan kontrak berjangka di Chicago di 32.690, dan pasangannya di Osaka di 32.600 melawan penutupan terakhirnya di 32.781,54. Negara ini juga akan merilis indeks harga produsen untuk sektor jasa pada bulan Mei pada hari Senin.

Di Australia, kontrak berjangka untuk S&P/ASX 200 berada di 7.043, lebih rendah dari penutupan terakhirnya di 7.099,2.

Indeks Hang Seng Hong Kong juga bersiap turun, dengan kontrak berjangka di 18.764 dibandingkan dengan penutupan HSI di 18.889,97.

Ketiga indeks utama AS meluncur di sesi perdagangan Jumat, dengan Dow Jones Industrial Average turun 0,65%, sementara S&P 500 turun 0,77% dan Nasdaq Composite ditutup lebih rendah 1,01%.

Harga saham Apple menyentuh level tertinggi baru sepanjang masa pada Jumat sore, berhasil mencapai tertinggi baru sepanjang masa bahkan ketika rata-rata utama menurun. Sementara sebelumnya harga saham Apple hanya naik sebesar 0,1%.

Aktivitas manufaktur di AS melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juni, menurut pembacaan PMI flash S&P yang dirilis Jumat yang merupakan yang terendah dalam enam bulan.

Indeks mencatat 46,3, turun dari 48,4 pada bulan Mei dan di bawah perkiraan Dow Jones 49,0. Karena angka tersebut mengukur tingkat perusahaan yang melaporkan ekspansi, angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Di sisi sektor jasa, pembacaan 54,1 adalah level terendah dua bulan dan di bawah 54,9 di bulan Mei. Indeks komposit berada di 53,0, di bawah 54,3 dari bulan sebelumnya tetapi masih menunjukkan ekspansi meskipun terendah dalam tiga bulan.

Imbal hasil Treasury AS turun pada hari Jumat karena investor mencerna pernyataan dari pejabat Federal Reserve, termasuk Ketua Jerome Powell.Pembuat kebijakan menegaskan kembali bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut kemungkinan akan diperlukan untuk membawa inflasi lebih dekat ke target 2% bank sentral.