Senin, 06 Februari 2023

Equity World | Wall Street Sepekan Tunjukkan Optimisme Investor di 2023

Equity World | Wall Street Sepekan Tunjukkan Optimisme Investor di 2023

Equity World | Bursa Saham AS, Wall Street sepekan menunjukkan tahun yang optimis. Pasar ekuitas berada di atas keuntungan, meski ada kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan kembali mengetatkan kebijakan moneter yang dapat membuat ekonomi terjun ke resesi.

Namun kinerja ekuitas di bulan Januari, seperti terlihat di pol grafik "golden cross" S&P 500 menunjukkan lebih banyak saham ke level tertinggi daripada posisi terendah baru.

Sinyal semacam itu jauh dari satu-satunya indikator yang digunakan pelaku pasar untuk membuat keputusan investasi, dan bukan merupakan bukti yang sangat mudah.

Prospek yang menurun pada perusahaan raksasa seperti Amazon dan Microsoft dan meningkatnya jumlah pekerjaan menjadi hawkish bahwa The Fed akan menyuntikkan catatan ketidakpastian baru ke pasar. Meskipun S&P 500 tetap naik 7,7% di 2023.

"Kami pikir ini adalah gambaran sehat yang dilukis di sini," kata Kepala Strategi Pasar Carson Group,Ryan Detrick, dilansir dari Reuters, Senin (6/2/2023).

S&P 500 naik 6,2% sepanjang Januari 2023. Hal tersebut didorong harapan bahwa Fed akan mampu menahan lonjakan inflasi tanpa merusak perekonomian.

Menurut Analisis Data CFRA Research, ketika S&P 500 naik pada Januari, pasar telah naik pada periode Februari-Desember sebanyak 83% dengan rata-rata kenaikan 11 bulan lebih dari 11%.

Namun, kenaikan Januari setelah tahun penurunan diikuti oleh kenaikan 23,1% dari Februari hingga Desember dengan tingkat keberhasilan 92%.

"Terlepas dari reli baru-baru ini yang mungkin membuat saham relatif mahal, rekam jejak menunjukkan bahwa mungkin kami memiliki beberapa potensi kenaikan," kata Kepala Strategi Investasi CFRA Research, Sam Stovall.

Sementara itu, pengamat mencatat rata-rata pergerakan 50 hari S&P 500 naik di atas rata-rata pergerakan 200 hari pada hari Kamis, sebuah pola yang dikenal sebagai golden cross.

Sejak 1950, S&P 500 telah menghasilkan pengembalian rata-rata 12 bulan sebesar 10,5% setelah salib emas terbentuk, sedangkan pengembalian tahunan rata-rata keseluruhan sejak tahun 1950 adalah 9,1%.

Namun, ketika salib emas muncul karena rata-rata pergerakan 200 hari menurun - seperti sekarang - pengembalian rata-rata 12 bulan untuk S&P 500 melonjak menjadi 16,8%.

"Golden cross baru-baru ini menambah bukti teknis yang berkembang dari perubahan tren untuk S&P 500 dan selanjutnya meningkatkan kemungkinan pasar bearish terendah yang ditetapkan pada bulan Oktober," kata Turnquist dalam sebuah posting.

Adapun Willie Delwiche, seorang ahli strategi investasi di All Star Charts, mengatakan kelima indikator pada daftar pasar bullishnya terpenuhi pada bulan Januari, termasuk volume naik dan metrik selera risiko, sesuatu yang tidak terjadi sekali pada tahun 2022.

Salah satu indikator tersebut menunjukkan lebih banyak saham di New York Stock Exchange dan Nasdaq membuat tertinggi baru 52 minggu daripada terendah -- tanda bahwa reli dipimpin oleh berbagai saham, bukan sekelompok kelas berat. Itu terjadi berkali-kali di bulan Januari seperti yang terjadi sepanjang tahun 2022, kata Delwiche.

Namun, beberapa investor percaya bahwa saham mungkin telah berkembang pesat.