Kamis, 04 Juli 2019

Equity World | Maaf Tak Jadi Cuan! Harga Emas Antam Turun Rp 3.000/gram

Equity World | Maaf Tak Jadi Cuan! Harga Emas Antam Turun Rp 3.000/gram

Equity World | Harga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) hari ini turun tahta dari rekor tertinggi sepanjang masa kemarin.

Hari ini, harga logam mulia tersebut turun Rp 3.000 (0,45%) menjadi Rp 662.000 per gram, dari Rp 665.000 per gram kemarin.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia milik Antam hari ini (4/7/19), harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram melemah menjadi Rp 66,2 juta dari harga kemarin Rp 66,5 juta per batang. 


Turunnya harga emas Antam itu tidak sejalan dengan harga emas di pasar spot global yang masih menguat tipis kemarin, dan lebih mengekor pergerakan rupiah yang menguat terhadap dolar AS kemarin.

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam juga turun menjadi Rp 640.000 per gram dari Rp 643.000 per gram kemarin. 

Harga itu dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.

Terkait dengan harga emas di pasar spot global, kemarin harga logam mulia ini sudah mencapai US$ 1.418,54 per troy ounce, naik 0,02% dari US$ 1.418,19 per troy ounce pada hari sebelumnya.

Hari ini, harga emas di pasar spot masih melanjutkan penguatan sebesar 0,08% menjadi US$ 1.419,65 per troy ounce.

Dari pasar valas, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih menguat kemarin, melanjutkan tren penguatan yang relatif berlanjut sejak 18 Juni.

Kemarin, rupiah menguat menjadi Rp 14.115 per dolar AS dari Rp 14.120 per dolar AS. Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar. 

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%.

Equity World

Harga Emas Stabil Imbas Wall Street Melonjak | Equity World


Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.

Turunnya harga emas ukuran kecil itu biasanya mengindikasikan risiko yang melemah kemarin, tetapi kali ini komoditas menguat karena harganya yang dianggap murah seiring dengan pelemahan dolar AS sehingga bukan karena kapasitasnya sebagai instrumen yang dianggap lebih aman. 

Beberapa faktor yang memengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga. 

Penguatan harga emas Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam negeri.