Rabu, 10 Juli 2019

Equity World | Investor Galau Tunggu Arah The Fed, Wall Street Dibuka Anjlok

Equity World | Investor Galau Tunggu Arah The Fed, Wall Street Dibuka Anjlok

Equity World | Bursa saham Amerika Serikat (AS) anjlok pada perdagangan Selasa (9/7/2019) setelah investor menanti pertanda yang lebih jelas terkait arah kebijakan moneter bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed).

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 118 poin pada pembukaan pukul 08:30 waktu setempat (20:30 WIB), mengarah pada koreksi hari ketiga sebelum kemudian lajunya melambat menjadi hanya 95 poin (0,35%) ke 26.711,57 selang 15 menit kemudian.

Sementara itu, indeks S&P 500 tertekan 8,35 poin atau 0,3% ke 2.965 pada waktu yang sama. Indeks Nasdaq melemah 0,1% atau 11 poin ke 8.087.


Gubernur The Fed Jerome Powell dijadwalkan memberikan paparan di depan Komisi Layanan Keuangan di Kongres pada Rabu, beberapa hari setelah rilis data tenaga kerja yang lebih baik dari ekspektasi sehingga memicu spekulasi bahwa The Fed tidak lagi terlalu dovish dengan suku bunganya.

Equity World


Paparan tersebut setidaknya akan memberikan sinyal apakah The Fed menurunkan suku bunga acuan AS dalam waktu dekat. Melansir situs CME Fedwatch, pelaku pasar telah memperhitungkan besarnya probabilitas penurunan suku bunga AS pada bulan Juli mencapai 100%. Dengan kata lain, The Fed tidak akan mengambil posisi bertahan lagi.

"Sementara Jay Powell menjadi fokus utama besok, kita lihat pasar obligasi sudah memfaktorkan peluang sebesar 100% atas pemangkasan suku bunga acuan beberapa pekan ke depan," ujar Chief Investment Officer Bleakley Advisory Group Peter Boockvar, dalam laporan risetnya sebagaimana dikutip CNBC International.

Ekspektasi pemangkasan suku bunga telah memacu saham menyentuh level tertingginya pekan lalu dan juga melambungkan mayoritas indeks bursa saham sepanjang Juni. Indeks S&P 500 naik 6,9% pada June sedangkan Dow Jones dan Nasdaq melompat masing-masing lebih dari 7%.