Senin, 30 September 2019

Equityworld Futures | Dolar AS Naik, Harga Emas Antam Ogah Bergerak dari Rp 712.000

Equityworld Futures  | Dolar AS Naik, Harga Emas Antam Ogah Bergerak dari Rp 712.000

Equityworld Futures | Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) stabil pada Rp 712.000 per gram pada perdagangan Senin ini (30/9/2019) dari posisi pada akhir pekan lalu, Sabtu (28/9).

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia milik Antam hari ini, harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram berada pada Rp 712.000 juta per batang dari harga akhir pekan lalu.

Stabilnya harga emas Antam itu mengekor harga emas di pasar spot global yang juga turun akhir pekan lalu karena penguatan dolar AS. Penguatan greenback, sebutan lain bagi dolar AS, dipicu oleh kekhawatiran eskalasi perang dagang AS-China yang mereda dan mendorong penguatan dolar AS.

Menguatnya dolar AS membuat harga emas global menjadi lebih mahal bagi investor asing yang tidak memegang greenback. Pasalnya emas global dibanderol dalam dolar AS dan ketika harga emas menjadi mahal maka cenderung mengerek turun permintaan.

Equityworld Futures


Sempat Jatuh di Sabtu, Akankah Harga Emas Antam Bangkit Lagi? | Equityworld Futures



Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam juga turun Rp 1.000 per gram hari ini menjadi Rp 683.000 per gram dari Rp 684.000 per gram akhir pekan lalu.