Selasa, 17 September 2019

Equity World | Investor Khawatir Pasokan Energi Global, Wall Street Anjlok

Equity World | Investor Khawatir Pasokan Energi Global, Wall Street Anjlok

Equity World | Bursa Amerika Wall Street melorot pada penutupan perdagangan, Senin (16/9/2019). Serangan terhadap fasilitas minyak mentah Arab Saudi dan rekor kenaikan harga minyak membuat investor khawatir akan ekonomi global.

Setelah kenaikan beruntun selama delapan hari, Dow Jones Industrial Average turun 0,5% ke level 27.076,00. Sementara S&P 500 dan Nasdaq, turun 0,3%, ke 2.997,96 dan 8.153,54.

Namun analis setempat mengatakan reaksi pasar sesungguhnya tidak begitu signifikan. Reaksi pasar juga relatif dapat diredam.

"Kemundurannya masih minor untuk kejadian yang besar seperti ini," kata Nate Thooft dari Manulife Asset Management sebagaimana dilansir dari AFP.

"Secara historis ketika kita memiliki peristiwa penting di Timur tengah, kami akan melihat reaksi yang jauh lebih besar lagi dari ini,".

Sementara itu, sebagaimana dilansir dari Reuters, analis lainnya melihat investor kini tengah melakukan penilaian risiko.

"Serangan pesawat tak berawak di Saudi telah berdampak pada bagaimana investor melihat keamanan dan stabilitas rantai pasokan energi global dan memicu tingkat penilaian ulang risiko," kata Peter Kenny dari Kenny Commentary LLC di New York.

Equity World

Ancaman Perang Teluk III, Harga Emas Dunia Bisa Rekor Lagi | Equity World


Serangan dahsyat yang dilancarkan Pemberontak Houthi di Yaman menghancurkan ladang minyak di Khurais dan kilang minyak di Abqaiq di Arab Saudi. Keduanya miliki BUMN Arab Saudi, Saudi Aramco.

Serangan ini, membuat terpangkasnya 5% dari kapasitas produksi global. Harga minyak pun langsung melesat, lebih dari 14% dalam satu hari.