Rabu, 11 April 2018

Equity World | Andika 'Kerispatih' Meninggal Karena Diabetes, Nutrisionis: Ingat 3J

Equity World | Andika 'Kerispatih' Meninggal Karena Diabetes, Nutrisionis: Ingat 3J
Foto: Thinkstock

Equity World | Kemarin pada Selasa (10/4/2018) pagi, dunia seni musik berduka karena kepergian Andika 'Kerispatih'. Pemilik nama lengkap Andika Putrasahadewa ini diketahui mengidap diabetes cukup lama dan dikabarkan sempat masuk ke rumah sakit karena jatuh dan didiagnosis terkena stroke ringan.

Tidak dipungkiri bahwa pasien diabetes memiliki tingkat risiko menjadi stroke lebih besar. Maka dari itu, pelatih kebugaran sekaligus ahli gizi, Jansen Ongko Msc, RD mengatakan pentingnya 3J.

"Kalau sudah kena (diabetes) otomatis harus 3J: jam, jumlah, jenis. Itu harus dikonsultasikan dengan dokter yang menangani mereka. Jadi general guideline yang bisa saya berikan ya ingat 3J itu," ujarnya saat ditemui.

Jansen menjelaskan bahwa aturan waktu makan, jumlah, dan jenis makanan yang untuk pasien diabetes itu berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahan dari diabetes itu sendiri. Jansen menyebutkan bahwa beberapa nutrisi penting, seperti protein dan vitamin harus terpenuhi.

Sembari Nunggu Jodoh, Lebih Untung Investasi Tanah atau Beli Rumah Lewat KPR, Ya? | Equity World

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equity World

"Insulin itu dibutuhkan untuk membantu tubuh untuk menyerap zat gizi. Makanya banyak yang menyarankan makan protein ditambah karbohidrat agar mudah diserapnya," tuturnya.

"Nggak cuma protein saja, tapi vitamin ditambah karbohidrat juga bisa membantu daya serap (zat gizi)," lanjut Jansen.

Jansen menegaskan bahwa pola makan yang baik bisa mengurangi pasien diabetes terkena risiko lain yang lebih berbahaya seperti stroke. Karena dikutip dari Health Line, pasien diabetes 1,5 kali lebih mungkin mengalami stroke ketimbang mereka yang tidak mengidapnya.

Equity World