Rabu, 17 Juli 2024

Equityworld Futures | Emas Terdorong Kuatnya Tren Penurunan Suku Bunga

Equityworld Futures | Emas Terdorong Kuatnya Tren Penurunan Suku Bunga

Equityworld Futures | Emas melonjak ke rekor tertingginya pada Selasa, 16 Juli 2024. Emas dunia akan bergerak dinamis di tengah tren jangka panjang penurunan suku bunga.

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Mencapai Rekor Tertinggi karena Spekulasi Pemotongan Suku Bunga AS

Emas berjangka ditutup naik 1,6 persen ke penutupan tertinggi sepanjang masa di USD2.467,8 per ons setelah juga mencapai rekor tertinggi intraday baru di USD2.474,5 per ons selama sesi tersebut. Harga emas berjangka telah naik lebih dari 19 persen tahun ini.

Pada hari ini, harga emas diperkirakan akan mengalami pergerakan yang cukup dinamis berdasarkan analisis Andrew Fischer dari Dupoin Indonesia.

Menurut Fischer, emas sebelumnya cenderung turun mencapai titik terendah di harga USD2.401 per ons. Namun, setelah mencapai titik terendah tersebut, harga emas kembali mengalami kenaikan hingga saat ini.

Untuk hari ini, Fischer memprediksi harga emas akan melanjutkan tren kenaikannya, meskipun kenaikannya diperkirakan hanya sedikit. Setelah itu, harga emas diperkirakan akan kembali turun.

"Salah satu alasan utama prediksi ini adalah karena harga emas pagi ini sudah hampir mencapai titik tertinggi, sehingga setelah ini, harga emas akan cenderung menurun dalam jangka pendek," tegas dia.

Setelah penurunan jangka pendek ini selesai, harga emas diperkirakan akan kembali naik dalam jangka panjang. Prediksi ini didukung oleh analisis trendline dan analisis candlestick yang menunjukkan pola serupa.
Emas bisa tembus USD3.000/ons
Menambah pandangan ini, laporan terbaru dari analis Citi menyebutkan harga emas bisa melonjak hingga USD3.000 per ons. Hal ini disebabkan oleh arus keuangan yang menunjukkan potensi ekspansi signifikan.

Bank tersebut mencatat melemahnya pasar tenaga kerja AS, ditambah dengan tren disinflasi yang lebih luas dan Indeks Harga Konsumen (CPI) Juni yang lemah, memperkuat argumen untuk perubahan arah yang lebih dovish dari Federal Reserve pada pertemuan FOMC Juli.

Para analis Citi juga menyoroti dampak dari pemotongan suku bunga Federal Reserve sebelumnya terhadap harga logam mulia. Mereka mencatat median log return untuk logam mulia, disetahunkan, adalah 13 persen pada periode 6 bulan setelah pemotongan Fed pertama dalam empat siklus terakhir.

Selain itu, catatan penelitian Citi menggarisbawahi arus masuk baru-baru ini ke dalam ETF emas batangan, yang mencatat arus masuk bersih di Juni untuk pertama kalinya dalam 12 bulan terakhir, dengan bulan Juli melanjutkan tren ini dengan laju bulanan lebih dari 30 ton. Ini bisa menjadi pertanda pembalikan kritis dari tren penjualan bersih selama 43 bulan dengan total sekitar 925 ton.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan tren jangka pendek menunjukkan kemungkinan penurunan setelah mencapai titik tertinggi. Setelah penurunan jangka pendek ini selesai, harga emas diperkirakan akan kembali naik dalam jangka panjang.

demo ewf  

Demo Equityworld