Jumat, 29 September 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Hari Ini Tergelincir Sikap The Fed

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Hari Ini Tergelincir Sikap The Fed

Equityworld Futures | Harga logam mulia anjlok ke level terendahnya dalam enam bulan dipicu spekulasi kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Hal ini mengurangi daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Equityworld Futures | Breaking! Harga Emas Ambruk 5 Hari, Terendah dalam 6 Bulan

Sementara para pedagang mengalihkan fokus ke pembacaan inflasi minggu ini sebagai petunjuk mengenai strategi Federal Reserve.

Harga emas hari ini turun 0,7% menjadi USD 1.861,59 per ounce, level terendah sejak Maret. Sementara harga emas berjangka AS diselesaikan 0,7% lebih rendah menjadi USD 1.878,60.

"Suku bunga yang lebih tinggi melemahkan daya tarik emas sebagai lindung nilai inflasi, dan dapat mendorong harga emas ke level USD 1.800," kata Daniel Pavilonis, Ahli Strategi Pasar Senior di RJO Futures melansir CNBC.

Imbal hasil Treasury naik ke level tertinggi dalam 16 tahun, meningkatkan opportunity cost memegang emas dengan imbal hasil nol.

Namun pelemahan dolar AS, yang membuat harga emas lebih murah bagi pembeli di luar negeri, membatasi penurunan lebih lanjut harga emas batangan.

Reaksi harga emas terhadap data yang menunjukkan perekonomian AS mempertahankan laju pertumbuhan yang cukup kuat pada kuartal kedua.

Laporan mingguan terpisah yang menunjukkan kenaikan klaim pengangguran awal sedikit lebih rendah dari perkiraan, tidak terlalu berpengaruh.

“Emas sudah ketinggalan jaman. Dengan tidak adanya data AS yang lebih menjanjikan mengenai inflasi dan pasar tenaga kerja, ini mungkin tetap menjadi lingkungan yang sulit bagi emas,” jelas Craig Erlam, Analis Pasar Senior di OANDA.