Rabu, 22 Januari 2020

PT Equityworld | Sempat Melonjak, Harga Emas Dunia Turun Lagi

PT Equityworld | Sempat Melonjak, Harga Emas Dunia Turun Lagi

PT Equityworld | Harga emas dunia mengalami penurunan yang fluktuatif sejak awal pekan meski sebelumnya sempat melonjak dua minggu lalu. Logam mulia itu mengalami penurunan 0,20 persen atau berada di level 1.555 dollar AS per ons troi. Penurunan masih disebabkan suku bunga rendah dan ketegangan geopolitik yang masih ada. "Awal tahun emas memiliki periode kinerja yang cukup baik," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities dilansir dari Reuters, Rabu (22/1/2020)

Ia juga menambahkan emas kemungkinan akan bertahan dalam kisaran yang cukup ketat di sekitar 1.550 dollar AS per ons troi. Melek juga menambahkan bahwa emas sebagai aset Safe-haven mendapat dukungan karena pasar saham global merosot karena meningkatnya kekhawatiran tentang jenis baru virus corona di China. Sebelumnya emas naik lebih dari 6 persen sejak 6 Desember. Pada 8 Januari, emas menembus batas 1.600 dollar AS untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.


PT Equityworld


Kemilau Emas Dunia Memudar | PT Equityworld



"Struktur bullish dalam emas belum berubah. Itu harus menembus di bawah 1.450 dollar AS untuk mengubah tren itu," kata Michael Matousek, kepala pedagang di US Global Investors. Ia juga menambahkan emas akan didukung oleh kebijakan The Fed dalam menjaga suku bunga stabil dan pembelian emas oleh bank sentral. Untuk kedepan harga emas cenderung akan dipengaruhi oleh The Fed yang akan melakukan pertemuan kebijakan pertama tahun ini pada 28-29 Januari 2020.