Jumat, 17 Januari 2020

Equityworld Futures | Wah, Swiss Masih Kesengsem Emas & Kopi Asli Indonesia

Equityworld Futures | Wah, Swiss Masih Kesengsem Emas & Kopi Asli Indonesia

Equityworld Futures | Negara Swiss ternyata masih mengidolakan emas asal Indonesia. Logam mulia ini masih menjadi nomor satu impor terbesar Swiss dari Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss Merangkap Liechtenstein, Muliaman Hadad saat berkunjung ke CNBC Indonesia, Kamis (16/1/2020).

"Sebagian besar dari ekspor Indonesia ke Swiss adalah emas yaitu lebih dari 60%, kemudian alas kaki menempati urutan kedua lalu kopi, minyak atsiri, kakao, mebel," ungkapnya.

Menurut Muliaman, emas ini mungkin jadi bagian dari produk jam yang terkenal asal Swiss. Selain itu, kopi asal Indonesia juga masih menjadi komoditas nomor satu di sana.

"Kopi dari Indonesia yakni jenis Mandailing yang paling digemari di Swiss," tuturnya.

Sementara, impor Indonesia dari Swiss didominasi oleh permesinan, produk farmasi dan kimia organik. Muliaman menyampaikan update terkini.


Equityworld Futures

Usai Menguat, Harga Emas Dunia Terpental | Equityworld Futures



Komitmen investasi ke Indonesia untuk tahun 2019 cukup besar yaitu investasi dalam pendirian pabrik kereta api, akuisisi sebuah perusahaan asuransi Indonesia oleh asuransi Swiss serta perluasan kapasitas sebuah perusahaan Swiss di Indonesia yang totalnya mencapai lebih dari US$ 700 juta atau Rp 6 triliun.

"Swiss juga siap membantu Indonesia dalam bidang vokasi. Ini sejalan dengan Presiden Joko Widodo yang ingin mengembangkan SDM di 2020," terang Muliaman.

Indonesia masih mencatat surplus perdagangan dengan Swiss. Data Swiss Federal Customs Administration, nilai perdagangan Indonesia Swiss tahun 2018 mencapai US$ 1,4 miliar dengan nilai ekspor Indonesia US$ 910 juta dan impor dari Swiss US$ 505 juta.