Selasa, 04 April 2017

Meski Masih Muda, Rencanakan Dana Pensiun dengan 4 Pertimbangan Ini

PT Equityworld | Meski Masih Muda, Rencanakan Dana Pensiun dengan 4 Pertimbangan Ini
 

PT Equityworld | Bagi anak muda usia 20-an tahun yang baru menapaki dunia kerja dan mulai menerima penghasilan, rasa ingin bersenang-senang pasti tinggi. Menabung pun jadi ala kadarnya dan tanpa rencana. Padahal, di saat masih sangat produktif dan belum terlalu banyak tanggungan, saat itulah semestinya anak muda merencanakan tabungan dengan sebaik-baiknya. Dikutip dari idntimes.com

Salah satunya adalah dana pensiun. Meski terlihat masih sangat jauh, tapi apa yang kita dapat saat berusia 65 tahun itu didapat dari berapa yang kita tabung sejak usia 20-an tahun. Berikut ini adalah lima pertimbangan penting yang wajib anak muda tahu saat merencanakan dana pensiun:

1. Jumlah.

Tak ada yang meragukan pentingnya memiliki dana pensiun yang terencana dengan baik. Pasalnya, saat memasuki usia tak produktif, kita tetap harus hidup, kan? Siapa yang tahu apa yang akan terjadi ketika kita sudah tak lagi mendapat penghasilan bulanan seperti sebelumnya?

Oleh karena itu, saat di usia 20-an tahun, anak muda wajib memiliki perencanaan dana pensiun. Untuk mendapatkan angka yang lebih pasti dan terukur, kita bisa menggunakan kalkulator untuk dana pensiun. Di situs tersebut, kita akan mendapat perencanaan dasar mengenai berapa jumlah yang harus kita tabung dan investasikan mulai sekarang untuk pensiun di umur, misalnya, 65 tahun.

2. Perceraian.

Bagi pasangan yang sudah menikah, perceraian tentu menjadi hal yang paling tak diinginkan. Meski begitu, tetap pastikan untuk mempertimbangkan bahwa perceraian bisa saja terjadi. Perceraian bisa mengubah jumlah aset yang dimiliki di mana masing-masing pasangan harus menghitung kembali harta yang dimiliki bersama. Salah satu jalan terbaiknya, sebelum hal tersebut terjadi, kita bisa membuka tabungan pensiun sendiri yang terpisah dari tabungan-tabungan lainnya untuk berjaga-jaga.

3. Pasangan meninggal.

Ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan terutama bila kita hanya mengandalkan pemasukan dari pasangan kita. Solusi untuk menghindari kemungkinan terburuk dari kondisi seperti ini adalah memasukkan asuransi jiwa ke dalam perencanaan pensiun. Langkah ini akan sangat efektif bila kita memulainya sedini mungkin saat masih muda.

Baca juga : Mencintai Diri Sendiri, Sesederhana Melakukan Hal-hal Ini | PT Equityworld
https://goo.gl/tovtfC
 

4. Kehilangan pekerjaan.

Masa depan memang penuh dengan ketidakpastian, salah satunya, lapangan pekerjaan. Bila melihat tren di mana sejumlah kategori pekerjaan sudah bisa digantikan dengan mesin, tak ada yang bisa menjamin kita pun takkan menjadi "korban" selanjutnya. Jalan keluarnya, selain menyiapkan dana pensiun, adalah dengan mengevaluasi gaya hidup kita saat ini sebab pekerjaan kita selanjutnya mungkin tak sebaik sekarang.

5. Kondisi pasar.

Cara mendapatkan uang lebih saat pensiun tak hanya dari menabung, tapi juga melalui investasi. Namun, ada kalanya pasar sedang tak bersahabat seperti yang terjadi pada 2008 lalu saat krisis global terjadi. Maka, investasi tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk meminimalisir dampak kondisi pasar yang buruk, ada baiknya kita melakukan diversifikasi investasi. Ini penting agar kita tak perlu menjual semua aset saat dalam situasi menurun.

Tak kalah menarik kunjungi juga : PT Equityworld