Jumat, 05 Januari 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Terjeda Jelang Rilis Data Gaji Pekerja AS

Equityworld Futures | Harga Emas Hari Ini Terjeda Jelang Rilis Data Gaji Pekerja AS

Equityworld Futures | Harga logam mulia tak menunjukkan perubahan alias bergerak stabil setelah mengalami empat sesi penurunan karena investor bersiap mendapatkan data non-farm payrolls AS yang dapat mempengaruhi jalur suku bunga Federal Reserve. Saat harga emas hari ini stabil, harga paladium tergelincir karena prospek permintaan jangka panjang yang suram.

Equityworld Futures | Harga Emas Bangkit Karena Huru-Hara di Iran, Rawan Loyo Karena Amerika

Harga emas di pasar spot naik tipis 0,2% menjadi USD 2,044.39 per ounce, sehari setelah mencapai level terendah sejak 21 Desember. Adapun harga emas berjangka AS ditutup naik 0,4% ke posisi USD 2.050.

“Peningkatan pasar emas membutuhkan dorongan baru untuk memulai reli harga,” kata Jim Wyckoff, Analis Senior di Kitco Metals melansir CNBC.

“(Tetapi) jika data ketenagakerjaan lebih kuat, hal ini akan memberikan tekanan pada harga dan mungkin mengurangi ekspektasi (pasar) terhadap penurunan suku bunga Fed,” jelas dia.

Rencananya, laporan non-farm payrolls AS akan dirilis pada hari Jumat. Data sebelumnya menunjukkan bahwa klaim pengangguran mingguan AS turun lebih dari perkiraan pada pekan lalu.

Di mana, perusahaan swasta AS mempekerjakan lebih banyak pekerja dari perkiraan pada bulan Desember, menunjukkan kekuatan yang terus-menerus di pasar tenaga kerja.

Para pedagang memperkirakan peluang penurunan suku bunga The Fed pada pertemuan kebijakan bulan Maret sebesar 65%, menurut alat CME FedWatch.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil. Ini membuat harga emas dunia bisa kurang diminati.