Senin, 25 Maret 2019

Equityworld Futures | Harga Emas Makin Berkilau Sambut Akhir Pekan

Equityworld Futures | Harga Emas Makin Berkilau Sambut Akhir Pekan

Equityworld Futures | Harga emas menguat menyambut akhir pekan ini didorong aksi beli. Ini karena investor merespons kekhawatiran pertumbuhan global dan sinyal resesi.

Harga emas untuk pengiriman April di Comex naik USD 5 atau 0,4 persen menjadi USD 1.312,30 per ounce. Harga emas mencetak kenaikan mingguan 0,7 persen. Ini menandai kenaikan selama tiga minggu berturut-turut, berdasarkan data FactSet.

Harga emas untuk kontrak paling aktif mencatatkan penutupan tertinggi sejak 28 Februari. Harga perak untuk pengiriman Mei turun tiga sen atau 0,2 persen ke posisi USD 15.407 per ounce, tetapi menguat 0,5 persen pada pekan ini.

Bursa saham AS dan Eropa juga tertekan usai rilis data ekonomi yang melemah. Indeks purchasing manager untuk zona Euro jauh lebih lemah dari yang diharapkan. Sementara itu, IMF manufaktur AS turun menjadi 52,5 pada Maret dari bulan sebelumnya 53.

Posisi 50 menunjukkan peningkatan kondisi, sedangkan di bawah posisi itu menandakan kontraksi. Melemahnya data menekankan kekhawatiran atas prospek pertumbuhan global dan memicu investor untuk memilih aset lebih aman.

Selain emas menguat, investor juga membeli obligasi pemerintah Jerman dan AS. Imbal hasil obligasi Jerman turun kembali di bawah 0 persen, untuk pertama kali sejak 2016.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun juga merosot 8 basis poin ke posisi 2,453 persen, dan diperdagangkan di bawah imbal hasil tiga bulan dan membalikkan bagian penting dari kurva imbal hasil untuk pertama kalinya sejak 2007.

Hal ini memicu indikasi resesi yang dicermati investor. Imbal hasil turun juga seiring harga obligasi naik.

"Seiring dengan emas, aset investasi aman untuk modal seperti obligasi AS dan yen Jepang telah reli sementara di tengah pasar saham berisiko terutama di Eropa. Komoditas terutama tembaga dan minyak mentah di bawah tekanan," tutur Chief Market Strategist SIA Wealth Management, Colin Cieszynski, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Sabtu (23/3/2019).

"Saya pikir perubahan dalam toleransi risiko dan sentimen investor ini dapat berlanjut hingga pekan depan dan setidaknya hingga April. Laporan PMI manufaktur Jerman yang mengejutkan telah memberikan risiko ketidakpastian Brexit," ia menambahkan.

Ekonomi Melambat, Harga Emas Melambung | Equityworld Futures

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equityworld Futures



Rilis data ekonomi setelah bank sentral AS atau the Federal Reserve mengisyaratkan sebagian besar pembuat kebijakan tidak menaikkan suku bunga lagi pada 2019 dari perkiraan sebelumnya dua kenaikan suku bunga. Bank sentral juga menurunkan perkiraan pertumbuhan dan berjanji untuk tetap bersabar.

"Dengan berlalunya pertemuan FOMC terbaru, kita telah melihat Fed menghapus hampir setelah poin dari perkiraan pertumbuhan untuk 2019, menimbulkan kekhawatiran sekali lagi kalau pertumbuhan ekonomi di Eropa dan China melemah,dan menetapkan suku bunga stabil pada 2019," ujar Analis RBC Capital Markets, Christopher Lourney dalam catatannya.

"Untuk sementara kami percaya kalau kenaikan suku bunga the Fed terlalu dangka untuk benar-benar menahan emas, mungkin sekarang pasar dapat menaik beberapa keuntungan, meski tidak cukup untuk mengubah pandangan kami," ia menambahkan.

RBC memperkirakan emas berada di kisaran USD 1.300 dalam dua kuartal ke depan.

Selain itu, harga logamnya seperti palladium turun USD 42,20 atau 2,7 persen ke posisi USD 1.515,50 per ounce. Harga platinum susut 1,5 persen atau USD 12,70 menjadi USD 848,40 per ounce. Harga tembaga merosot 6,4 sen atau 2,2 persen menjadi USD 2,843 per pound.


Equityworld Futures