Senin, 11 Maret 2019

Equity World | Shan United vs Persija: Catatan Rivalitas Klub Myanmar dan Indonesia di Piala AFC

Equity World | Shan United vs Persija: Catatan Rivalitas Klub Myanmar dan Indonesia di Piala AFC

Equity World | Wakil Myanmar dan Indonesia tercatat sudah sembilan kali bertemu di Piala AFC sejak 2009 silam. Lalu, negara mana yang lebih unggul di turnamen antarklub kasta kedua Asia tersebut?

Ternyata, tim asal Myanmar amat mendominasi. Pertarungan Arema FC kontra Ayeyawady United pada penyisihan grup Piala AFC membuka sejarah rivalitas antara wakil dari kedua negara ini. Kala itu, tim berjuluk Singo Edan ini hanya bermain imbang 2-2 melawan Ayeyawady di Malang namun pesta gol 3-0 di Myanmar.

Selang setahun kemudian, Persibo Bojonegoro bertemu Yangon United di babak penyisihan grup Piala AFC. Hasilnya? Persibo takluk 0-3 di Myanmar dan dibantai 1-7 di kandang sendiri.

Pertemuan lanjutan antara wakil Myanmar dan Indonesia terjadi di babak 16 besar Piala AFC. Ketika itu, dalam satu leg, Persipura Jayapura mampu mempermak Yangon United 9-2 di Stadion Mandala.

Lagi-lagi, pada babak penyisihan grup Piala AFC klub Myanmar dan Indonesia kembali bentrok. Kali ini, hasil imbang mewarnai duel Persib Bandung kontra Ayeyawady United. Di Myanmar, skor berakhir 1-1. Adapun di Bandung, hasil 3-3 mengakhiri pertandingan.


Rekor pertemuan antara wakil Indonesia dengan Myanmar menjadi timpang setelah Bali United takluk dua kali dari Yangon United pada babak penyisihan grup Piala AFC 2018. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu kalah 1-3 di Gianyar, dan kembali menyerah 2-3 kala menyambangi Myanmar.

Dari sembilan kali bertemu, wakil Myanmar berhasil empat kali meraih kemenangan. Sedangkan klub Indonesia hanya dua. Empat partai lainnya berakhir imbang.

Rekor pertemuan antar-wakil kedua negara tersebut dapat berubah kala Persija Jakarta menantang Shan United pada partai kedua Grup G Piala AFC di Thuwunna Stadium, Selasa (12/3/2019). Tim berjuluk Macan Kemayoran ini berpeluang memperbaiki rekam jejak klub Tanah Air asalkan berhasil membawa pulang tiga poin ke ibu kota.

Jangan Ngoyo, ini 6 Tips Biar Kepalamu Nggak Berasap Gara-Gara ‘Burnout’ Kebanyakan Kerja | Equity World

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equity World

9 Pertandingan Wakil Myanmar dan Indonesia di Turnamen Antar-Klub Asia

Piala AFC 2012

Arema FC 2-2 Ayeyawady United

Ayeyawady United 0-3 Arema FC

Piala AFC 2013

Yangon United 3-0 Persibo Bojonegoro

Persibo Bojonegoro 1-7 Yangon United

Piala AFC 2014

Persipura Jayapura 9-2 Yangon United

Piala AFC 2015

Ayeyawady United 1-1 Persib Bandung

Persib Bandung 3-3 Ayeyawady United

Piala AFC 2018

Bali United 1-3 Yangon United

Yangon United 3-2 Bali United

Equity World