Kamis, 17 Oktober 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Sentuh Rekor Lagi, Lebih Baik Jual atau Beli?

Equityworld Futures | Harga Emas Sentuh Rekor Lagi, Lebih Baik Jual atau Beli?

Equityworld Futures | Harga emas dunia naik pada perdagangan kemarin. Rilis data ekonomi di Amerika Serikat (AS) menebalkan keyakinan bahwa bank sentral Federal Reserve akan menurunkan suku bunga acuan bulan depan.

Equityworld Futures | Kepada Pemilik Emas: Silahkan Pesta & Bersiaplah Sambut Rekor US$3.000

Pada Kamis (16/100/2024), harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2,674/ troy ons. Naik 0,51% dibandingkan perdagangan hari sebelumnya dan menjadi rekor tertinggi sepanjang masa.

Harga emas masih menjalani tren positif. Dalam sepekan terakhir, harga naik 2,5% secara point-to-point. Selama sebulan terakhir, harga terangkat nyaris 4%.

Rilis data ekonomi terbaru di AS menjadi angin segar bagi harga emas. Mortgage Association of America mengumumkan, aplikasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Negeri Adikuasa pada pekan kedua Oktober anjlok 17% dibandingkan pekan sebelumnya. Ini menjadi koreksi mingguan terdalam sejak 2015, di luar saat pandemi Covid-19.

Data ini menunjukkan bahwa permintaan di AS melandai. Sesuatu yang bisa berujung pada perlambatan laju inflasi.

Ketika inflasi melambat dengan stabil, maka akan ada cukup alasan bagi The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan. Mengutip CME FedWatch, peluang pemangkasan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,5-4,75% pada November mencapai 90,7%. Jauh meningkat ketimbang sepekan lalu yaitu 80,3%.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas akan lebih menguntungkan saat suku bunga turun.

Analisis Teknikal


Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas masih setia di zona bullish. Terbukti dengan Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 65,2. RSI di atas 50 menunjukkan suatu aset sedang berada di posisi bullish.

Sementara indikator Stochastic RSI berada di 62,89. Menghuni posisi beli (long).

Namun dengan kenaikan harga yang sudah begitu tinggi (bahkan hingga menyentuh rekor baru), emas berisiko tertekan. Cermati pivot point di US$ 2.656/troy ons.

Jika titik itu tertembus, maka target Moving Average (MA) 5 di US$ 2.654/troy ons akan terkonfirmasi. Target berikutnya adalah MA-10 di US$ 2.645/troy ons.

Sedangkan target resisten terdekat adalah US$ 2.680/troy ons. Penembusan di titik ini berpotensi membawa harga emas naik lagi ke arah US$ 2.688/troy ons.

demo ewf  

Demo Equityworld